Harta Kekayaan Aburizal Bakrie

MAJALAH terkemuka Forbes Asia mengeluarkan daftar orang terkaya Indonesia 2007. Mengejutkan, keluarga Menteri Kesejahateraan Rakyat (Kesra) Aburizal Bakrie (Ical) menempati ranking pertama, dengan total kekayaan 5,4 miliar dolar (sekitar Rp 50 triliun), mengalahkan konglomerat Eja Tjipta Widjaja, dua bos kelompok PT Djarum –Budi Hartono dan Michael Hartono, serta pemilik PT Gudang Garam Rachman Halim.
Bisnis keluarga Ical memang sudah begitu menggurita, mulai dari usaha pertambangan, telekomunikasi, media massa, hingga pembangunan infrastruktur. Paling gres, keluarga Ical memenangkan tender pembangunan jalan tol lingkar luar Jakarta dan Trans-Jawa. Ical sendiri secara formal tidak lagi ikut mengurus secara langsung bisnis keluarga tersebut sejak masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Bersatu pada 2004 lalu.
Meski begitu, tetap saja muncul suara miring yang menyebut bisnis keluarga Ical ikut terdongkrak secara signifikan setelah pria kelahiran Sulawesi Selatan itu masuk ke jajaran pemerintahan dan politik. Anggapan seperti itu wajar-wajar saya, karena sebagai anggota kabinet tentu Ical mendapat informasi lebih awal mengenai peluang-peluang bisnis/usaha di negeri ini.
Kalau angka yang dimunculkan Forbes Asia benar, harta kekayaan keluarga Ical setara dengan defisit di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2008 akibat melonjaknya harga minyak mentah dunia. Dengan demikian Ical dan keluarganya punya posisi tawar sangat kuat di negeri ini.
Posisi Ical di Partai Golkar –pemenang Pemilu 2004– juga tak boleh dianggap remeh. Kapasitas sebagai politisi di partai besar memberikan kontribusi tak sedikit bagi Ical dalam memainkan peran sebagai orang berpengaruh.
Terbukti ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melaklukan dua kali reshuffle kabinet,  Ical tak tersentuh. Padahal, menjelang SBY melakukan reshuffle jilid II pada awal 2007, sebagian kelompok masyarakat dan media massa memamsukkan namanya sebagai sosok yang patut di-reshuffle.
Ia hanya digeser dari posisi sebagai Menteri Koordinator Perekonomian ke Menko Kesra. Sebagai seorang yang berlatarbelakang pengusaha, wajar muncul kekhawatiran terjadi conflict of interest (perbenturan kepentingan), kalau Ical tetap mengurus masalah perekonomian.
Bisa jadi itulah pertimbangan yang ada di benak Presiden SBY ketika melakukan rotasi horisontal di kabinet terhadap Ical. Hanya, muncul kritik ketika ia diserahi tugas mengurus kesejahteraan rakyat yang banyak terkait dengan masalah kemiskinan, bencana alam, dan pembangunan daerah tertinggal.
Bidang kesra lebih banyak bertumpu pada cost (pengeluaran biaya), sedangkan bidang perekonomian berkosentrasi bagaimana mengingkatkan pedapatan negara baik daris ektor pajak maupun nonpajak.  Oleh karena itu posisi Ical di bidang kesra tidak begitu pas, sehingga banyak kritik dilontarkan ketika pemerintah harus menangani bencana alam.
Begitu pula kasus luapan lumpur Lapindo di kawasan Porong, Sidoarjo, yang lebih dekat dengan urusan bidang kesra, tidak tampak peran Aburizal Bakrie. Tak heran Presiden SBY beberapa kali harus turun tangan sendiri untuk menyelesaikan masalah menyangkut ganti rugi.
Apalagi PT Lapindo Brantas Inc merupakan perusahaan patungan grup Bakrie dengan Metdco sehingga muncul anggapan Ical ingin memanfaatkan posisinya di pemerintah untuk menyelamatkan Lapindo dari berbagai kewajiban. Bahkan muncul anggapan, harta kekayaan keluarga Bakrie akan berkurang sangat drastis untuk membiayai berbagai dampak yang timbul akibat luapan lumpur panas tersebut.
Melihat data yang dirilis Forbes Asia, harga keluarga Ical bukan anjlok tetapi justru naik empat kali lipat dari tahun sebelumnya. Dengan demikian, tidak ada alasan buat keluarga Ical untuk lari dari tanggungjawab terhadap korban lumpur dan rusaknya infrastruktur di Jawa Timur.
Selama ini Aburizal menyebut, perhatian yang diberikan oleh keluarga terhadap para korban lumpur sudah lebih dari cukup. Namun Ical perlu juga melakukan pengecekan ke lapangan apakah itikad baik dari keluarganya memang telah direalisasikan dengan semestinya dan dapat mengatasi persoalan akibat kejadian itu.
Tentu kita bangga mempunyai anak bangsa yang sukses dalam bisnis dan usaha. Kita akan lebih bangga kalau kesuksesan tersebut bisa membawa manfaat juga buat orang lain dan negeri yang tengah dilanda berbagai persoalan multidimensional ini.(*)

37 Responses to “Harta Kekayaan Aburizal Bakrie”

  1. Anonim Says:

    Bapak Aburizal Bakrie, Anda bisa melakukan apa saja.
    Kami juga bisa!!!
    Kami akan memulainya dari “aburizalbakrie.com”.

  2. rizki Says:

    wAh……….. hebat udah paling kaya di indonesia juga

    punya kuasa di bidang menkokestra.

    kurang teges tuh presiden nya perbaikin ya bpk presiden

    ama bpk ical jangan lari dari tanggung jawab ya, pasti bisa

    bila di jalan kan dengnan berdoa dan usaha kan uang nya

    bayak

    itung-itung amal ok ^_^

  3. ahmad tarmizi Says:

    orang hebat,

  4. ronny Says:

    orang terkaya diindonesia, tapi rakyatnya pada miskin….sangat2 aneh.

  5. ronny Says:

    ingat harta itu tidak akan dibawa mati bung..
    hanya butuh 2×1 m saja..
    50 triliun ga ada artinya kalau rakyat indonesia masih pada melarat…

  6. riaaaa Says:

    yg kaya makin kaya…

    yg miskin tambah melarat

  7. reza Says:

    yang kaya makin kaya yang miskin lebih melarat

  8. reza Says:

    yg kaya makin kaya yang miskin lebih melarat

  9. Sani Says:

    HEBAAAAAAAaaaAAaaaaaT
    yG penting guNakan UANGnya untuk sosial………….!!!!!!!!!!!!!!!

    jangan ditumpuk-tumpuk untuk sendiri!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    :-)

  10. Anonymous Says:

    kamu kaya ngak apa2 yang penting jangan dari hasil korupsi

  11. riski Says:

    seandainya harta saya sebanyak gitu.
    sebagiannya saya amal supaya sejahtra rakyat indonesia..
    indonesia skrg hancur..
    ga seprti zaman pak soekarno dulu..
    indonesia skrg bnyak utang…
    seandainya pemerintahan sprti pak soekarno, indonesia ga bgini.. :D

  12. cykalfafa Says:

    coba pak…kalau bapak dermawan sumbangkan uang bapak untuk rakyat kecil khususnya di Ds.Cicareuh Kecamatan Cikidang Kab.Sukabumi

  13. ibang Says:

    jangan kalian terlena hanya karna melihat harta orang lain itu lebih banyak. karna hal itu bisa menambah kekufuran kita. coba kalian baca cerita nabi Musa AS dan Qarun. di situ terdapat HIKMAH bagi kita semua.

  14. Cisella Says:

    MUdah2an dgn kekayaan tsb Bapak tidak lupa dengan org2 miskin bgm dg kasus lapindo pa ??????????

  15. nur Says:

    hidup di dunia bagi orang kafir bagaikan surga dan hidup d dunia bagi orang muslimin bagaikan neraka…!!!!

  16. ahmad Says:

    hebat euyyyyyy ……
    tpi mnurut saya hartanya untuk sosial ya pa……

  17. ahmad Says:

    Bapak Aburizal Bakrie, Anda bisa melakukan apa saja.
    Kami juga bisa!!!
    Kami akan memulainya dari “aburizalbakrie.com”.

  18. sronto Says:

    no komen….soale aku wis sugehhhhhh

  19. camancad Says:

    “pembangunan infrastruktur” bangun jembatan;jalan hingga selicin”nya.. ya buat sapa?? cuma buat dia lewat koq, klo mo jd presiden, liat masyarakat pinggiran, pinggir sungai, rumah gubuk kardus reot….. itu keliatan, cma mo tenar nama, pamer duit, tersohor… kalau dia berbudi baik, rangkul lah keluarga miskin, layakan tempat tinggal mereka….

  20. soleh Says:

    tapi yang melarat yang akan tenang dialam sana dan ga ada pertanyaan macem2,berbahagialah bagiu orang2 yang miskin dan melarat hidup ga ada beban ,kita syukuri apa yg ALLOH SWT berikan pada kita dan mensyukurinya itu lebih baik

  21. Syfa Says:

    Rasanya kok anehnya, menko kesra terkesan menggunakan jabatannya untuk memperkuat dinastinya. padahal, diamanatkan utk mensejahterakan rakyat.
    semoga aja, perusahan bakrie gk terlibat dlm kasus gayus.

  22. yusron faruqi@ymail.com Says:

    Dengan Kekayaan it ap ical bahagia……………..?

  23. Anonymous Says:

    setuju,mmang harusnya bgtu jdi anak bngsa…kita gak muna,yg jelas hakekat cerdas mmang rus di buktikan,bkn hnya di atas krtas dn angin..oang crdas dn bkerja keras itu pantas punya tmpat dlm posisi yg trhormat dan aman,krena di situ kkuatn dn msa dpan bangsa brgantung..maju trus pak ical,bagi aja ilmunya,uangngnya gak usah,,bkin aku jadi anak cengeng jga manja…rapatkan barisan,gemborkan tujuan..cepatkan langkah mu..krena Negri ini mmanggil mu….kta bngsa yg merdeka…bangun jembatan emas mu,selebar2nya.GENK-TZU

  24. Anonymous Says:

    Timbun Aja Tuhh,,,Uang Bapak ?
    Atau Pke Beli Chip POKER …

  25. danimalmsteen Says:

    kekayaan segitu banyaknya… tidak akan membahagiakan lur kalo situ kagak zakat dengan semestinya… itu hanya titipan lur…

  26. Anonymous Says:

    kaya miskin urusan, di, ngapain kita sewot…masalah amal baik and buruk urusan dia ama allah swt, napa kita mau ngehakimin dia kesan nya.. kita urus diri kita masing2 cari harta, cari amal, beres perkara.

  27. Menoli Moho Says:

    Kepada Bapak ABURIZAL BAKRIE,

    Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

    Nama : MENOLI MOHO
    Jenis Kelamin : Laki-laki
    Temp/Tgl Lahir : 8 april 1988
    Pendidikan : Mahasiswa UNIMED NIAS SELATAN
    Alamat : Desa Hilimaenamolo, Kec. Maniamolo, Kab Nias Selatan.

    Sehubungan dengan Bencana alam gempa dan tsunami 28 maret 25 aceh dan nias, kami korban gempa dan tsunami yang sampai sekarang masih belum ter pulihkan di sebabkan semua NGO (Non Goverment Organization) sudah berhenti dan bantuan dari PEMDA sangat terbatas Kami minta kepada Bapak Kiranya sudi membantu kami untuk biaya pembangunan perumahan dan modal untuk membangun hidup baru yang sampai sekarang masih terpuruk kemiskinan, untuk itu kami minta jika ada sumbangan Bapak berapa pun nilainya sangat bermanfaat bagi keluarga kami,

    Bank BTN E-BATARAPOS CABANG : KPC. TELUK DALAM 22865
    No. Rekening : 10718-01-57-001078-2
    a.n : MENOLI MOHO
    Alamat : Desa Hilimaenamolo, Kec. Maniamolo, Kab. Nias Selatan, Sumatera Utara, INDONESIA.

    SALAM KELUARGA KAMI,

    MENOLI MOHO
    085360282661
    menoli.moho@gmail.com

  28. Purwanto Says:

    Gmna caranya agar bisa sukses seperti anda?

  29. andre Says:

    mohon bantuaan bpak aburizal bakri saya mau buka usaha barbesoop

  30. kamaludin Says:

    Orang kaya selalu berfikir tentang : apa, bagaimana dan bertindak untuk mencari kekayaan…. sedangkan Orang miskin selalu berfikir tentang keadaan dirinya miskin,berkeluh kesah dan berfikir negatif kapada orang lain … jadi tidak akan pernah merubah keadaan dirinya…. Padahal Tuhan menciptakan manusia untuk kaya dan bahagia… buktinya Manusia diciptakan dan ditempatkan di SURGA… adapun kemiskinan, kekurangan dan segala macam keluh kesah akibat KITA suka berbuat dosa… Apakah orang kaya tidak berbuat Dosa ??? sama saja cuma ….????!!!
    Yang penting kita belajarlah berfikir POSITIF baik untuk DIRI sendiri maupun tentang ORANG LAIN….

  31. macson wong belinyu Says:

    bukan maen…..

  32. dicky Says:

    lihatlah rakyat kecil, begitu banyak yg mmbutuhkan bantuan kita, bantulah sedikit saja fakir miskir, seberapa pun bantuan bapak begitu berarti bagi mereka

  33. Anonymous Says:

    kaya ya miskin korepot

  34. Anonymous Says:

    Pak ical pernah maen gk ke PT BRAJA MUKTI CAKRA..

  35. Juaini Says:

    saya pengen kaya juga Pak, sejak kuliah 1986 saya cari riwayat pak Ical bagaimana muasal bisa kaya, sampe kelahiran Bapak saya pengen tau, eh di wikipidia kelahiran Bapak Jakarta, tapi ini kok kelahiran Sulsel, yang bener mana Bapak? semoga Bapak selalu kaya raya Pak….saya senang membacanya di media media soal kekayaan Bapak

  36. Herpratiwi Says:

    Saya menunggu perhatian bapak untuk bidang pendidikan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: