Berbekal Sepeda Butut dan Uang Rp 75 Ribu

* Mbah Boncel si Petualang Indonesia Asal Yogya (1)

USIANYA sudah setengah abad lebih, namun hal itu tak menghalangi Supriyanto (52), alias Mbah Boncel untuk bersepeda keliling Indonesia. Bagaimana suka duka selama perjalanan, berikut ini Tribun menurunkan pengalaman Mbah Boncel secara bersambung.

Saat memulai perjalanannya pada 11 November tahun lalu dari Kota Yogyakarta, pria yang rambutnya sudah memutih ini  hanya membawa lima kaos, dua celana panjang, dan dua celana pendek.
“Semuanya saya masukkan ke dalam tas butut saya beserta uang Rp 75 ribu. Selain itu, saya membawa bekal air minum, pompa, ban luar dan ban dalam, serta peralatan untuk memperbaiki sepeda,” katanya saat mengunjungi Kantor Tribun Batam, Minggu (11/3).
Menurut pria yang akrab dipanggil Mbah Boncel ini, ia memulai rute pertamanya dengan bersepeda menuju ke Surabaya. Setelah sampai ke Surabaya, ia langsung menuju ke Pulau Bali, Lombok, Sumbawa, Flores dan Kupang. Sebenarnya ia ingin pergi ke Papua, namun karena harus menunggu kapal yang baru tiba 25 hari kemudian, akhirnya ia mengurungkan niatnya.
Pria berambut putih ini pun langsung menuju ke Jakarta melalui Jalur Pantura. Rute Surabaya-Jakarta ia tempuh selama dua minggu dengan menggunakan sepeda butut yang sudah dimodifikasi di bagian gearnya, sehingga ia tak kelelahan di jalan.
Selama perjalanan, ia sudah menginap di berbagai fasilitas umum. Mulai dari masjid, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), sampai ke Kantor Polres dan Polsek yang dilewatinya.
Dari Jakarta, ia kemudian menuju ke Pelabuhan Merak dan memulai perjalanannya di Pulau Sumatra. “Saya mulai dari Lampung sampai ke Aceh. Setelah itu, saya ke Batam sesudah menempuh perjalanan dari Medan dan Pekanbaru,” paparnya.
Rencananya, Kamis (15/3) mendatang, ia akan menuju ke Pulau Kalimantan melalui Tanjungpinang. “Pokoknya saya harus sampai ke Merauke dan kembali ke rumah sebelum Hari Raya Idul Fitri tahun ini,” ujarnya mantap.
Lantas apa yang memotivasi bapak dua anak ini untuk menjelajah Indonesia dengan menggunakan sepeda bututnya? Ternyata, keinginan Mbah Boncel sudah muncul sejak ia duduk di bangku SMP. Sejak SMP ia ingin sekali melihat seperti apa wajah Indonesia sebenar-benarnya. “Saya juga ingin menambah pengalaman dengan melihat langsung budaya di Indonesia,” tuturnya.
Selama berada dalam perjalanan, Mbah Boncel mengaku sudah lima kali berganti sepatu dan dua kali mengganti ban dalam. Ia juga mengaku sama sekali tak melakukan persiapan khusus sebelum memulai perjalanan pada 11 November tahun lalu.
“Sejak itu, saya sudah menempuh jarak ribuan kilometer. Dan semua catatan perjalanan saya catat di sebuah buku. Di buku lainnya, saya berhasil mendapatkan beberapa buah stempel dari pejabat-pejabat setempat sebagai bukti jika saya sudah keliling Indonesia,” ungkapnya.
Suka dan duka sudah pasti dialami pria asal Desa Mangiran, Trimurti, Srandakan Bantul ini selama mengayuh sepedanya. Uniknya, ia mengaku tak pernah membayar makanan yang didapatnya dari berbagai restoran terkemuka sepanjang perjalanan. Bahkan setiap kali ia mampir ke sebuah restoran maka pemilik restoran menyambutnya dan memberikan pelayanan spesial untuknya secara gratis.
“Saya tak hanya dapat makanan gratis selama perjalanan, tetapi juga ada saja orang yang memberi bekal. Sehingga sekarang saya malah bisa mengirim uang ke rumah. Kalau bawa uang banyak-banyak nanti malah dirampok orang,” kata pria kelahiran 27 Maret 1954 ini sambil terkekeh.
“Nggak tahu nanti saya akan merayakan ulang tahun di mana. Kalau kemarin pas tahun baru, saya merayakannya di Lampung,” ungkapnya.(hanonsari paramita)

4 Responses to “Berbekal Sepeda Butut dan Uang Rp 75 Ribu”

  1. Mbah Boncel “Pengeliling Indonesia dengan mengendarai sepeda” « Sekeliling kita Says:

    […] website yang berhubungan : berbekal sepeda butut dan uang Rp 75.000 inspicios weblog deplu junior Pontianak pos Jendela Informasi Bogor dan sekitarnya mbah Boncel di […]

  2. Ari Says:

    Waduw. . .bawa duit cuman 75ribu. . .gw salut ma mbh boncel. . Gw yg masih muda jga keliling kampung dah ngos2san. . .apa lagi keliling indonesia. . .mati gw. . .wakwakwak
    Sekali lagi gw emang salut ma mbh boncel. . .
    Lam kenal za mbh. . .

  3. daman Says:

    Keren bgt,,, gw lagi di jogja nie, pas bgt ketemu orangnya, makanya gw jadi tahu tentang dia, dia bilang coba aja googling,,, bener ajah, gw langsung banyak nanya2,,, target dia sekarang mau ke denpasar katanya, salut , udh tua tetapi semangatnya kuat bgt, patut ditiru,,, makasih mbah cerita malamnya,,, (@mallioboro with Ndra Ryan)


Leave a Reply

