Batam Jauh Lebih Indah

ADA yang berbeda jika memasuki Kota Batam akhir-akhir ini. Jalan-jalan utama terasa mulus. Kalau pun ada yang masih bergelombang dan berlubang, itu dikarenakan pengerjanaan belum mencapai lokasi tersebut. Asumsinya, mungkin proyek belum rampung sehingga perbaikan belum mencapai ruas jalan yang rusak.
Tidak hanya jalan mulus, pemandangan taman di antara dua jalur ruas jalan atau di sisi kiri kanannya juga berbeda. Saat ini terlihat jauh lebih indah dengan keberadaan taman-taman kecil. Lengan jalan pun kini jauh lebih aman karena antara tanah dan aspal banyak yang sudah ditimbun.
Perbaikan sarana jalan terlihat memang tengah gencar dikerjakan. Apapun alasan perbaikan tersebut dan berapa besarnya dana yang dikeluarkan, yang jelas wajah  Kota Batam sudah jauh lebih cantik. Ibaratnya, saat melaju di jalan-jalan utama, mata tidak lagi terlalu lelah.
Namun diakui masih ada hal lain yang dirasakan mengganggu keindahan Kota Batam. Bila melaju di jalan utama, sangat banyak spanduk-spanduk yang dibentangkan dan reklame. Kesan semerawut muncul karena spanduk-spanduk tersebut tidak ditempatkan di lokasi khusus dan banyak reklame yang penempatannya tidak ditata seragam.
Memang diakui spanduk-spanduk dan reklame tersebut merupakan sumber pemasukan dana tersebut  bagi dinas terkait maupun Otorita Batam. Mungkin alasan pemasukan itulah, penempatan spanduk dan reklame yang tidak seiring dengan estetika lingkungan, menjadi hal yang dikesampingkan.
Wajar jika  Ketua DPRD Batam Soerya Respationo ikut merasa risih melihat pemandangan yang tidak serasi ini. Soeryo mengharapkan kesemerawutan itu segera diatasi dan mengharapka Dinas Pendapatan dan OB jangan hanya mengejar target dengan  mengorbankan estetika dan keindahan kota.
Soeryo tidak main-main dengan ucapannya. Sebagai Ketua DPRD Kota Batam, dia akan memanggil pihak terkait agar kesemerawutan itu bisa diatasi secepatnya.
Mudah-mudahan keindahan taman-tama kota akan serasi dengan reklame dan spanduk-spanduk karena Pemko Batam sudah membuat rencana menata dan mengatur ulang sistem pemasangan iklan berupa billboard, reklame, dan spanduk. Seperti dikatakan Kepala Bagian Humas Pemko Yusfa Hendri, kondisi saat ini  memang menghambat upaya mewujudkan Batam yang bersih dan nyaman.
Apa yang akan dilakukan untuk membuat Kota Batam makin bersih dan nyaman ini tentu perlu mendapat dukungan masyarakat luas. Banyak cara agar masyarakat ikut memberi andil menciptakan Batam bersih dan nyaman.
Salah satunya adalah memperhatikan kebersihan dan memperindah lingkungannya masing-masing. Bisa dibayangkan, jika seluruh pemilik usaha dan  rumah yang berada di pinggir jalan menanam pohon, bunga,  menata taman, dan terus menjaga kebersihan di  lingkungan rumah mereka sendiri. Tentu Batam Kota Terkotor menjadi masa lalu yang tidak akan terulang.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: