Nyaman Berurusan dengan Birokrat

Masyarakat dan investor sangat mendambakan pelayanan yang mudah dan ringkas sehingga merasa nyaman ketika berurusan dengan para birokrat. Mudah-mudahan harapan ini bisa dipenuhi para pejabat yang baru dilantik.

Dahlan-Ria Rombak Kabinet

WALI KOTA Batam Ahmad Dahlan menata ulang kabinetnya. Sejumlah orang lama tergusur dan digantikan orang baru. Ada pula yang hanya berganti posisi dan ada yang tetap di posisi sebelumnya.
Secara prinsip, penataan ulang Struktur Organisasi Tatalaksana Kerja (SOTK) Pemerintah Kota Batam, bertujuan untuk meningkatkan kinerja kabinet Ahmad Dahlan-Ria Saptarika. Sehingga hal ini perlu mendapat sambutan positif dari kalangan pemerintahan serta masyarakat luas di Kota Batam.
Dahlan melantik 32 orang pejabat eselon II, 138 orang pejabat eselon III, yakni Kabid dan Sekretaris Badan/Dinas, 12 orang camat dan 12 orang sekretaris kecamatan, di Kantor Wali Kota .
Sejumlah figur muda masuk dalam kabinet baru Dahlan-Ria. Ini menarik, karena memang sudah sewajarnya kaum muda diberi peran. Namun demikian, orang-orang muda yang mendapat kepercayaan itu juga harus memiliki kemampuan manajerial serta ahli di bidang yang dipercayakan kepadanya. Demikian pula muka-muka lama yang kini kembali menjabat.
Warga kota ini sangat mengharapkan para pelayan masyarakat yang mampu mengembangkan gagasan, pikiran, karya, dan upaya nyata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat di sini.
Seperti pesan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Taufik Effendi, bahwa para aparatur negara harus produktif dan akuntabel untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance). Mereka harus menjalankan tugas berdasar kebijakan yang telah ditetapkan Kementrian PAN yang bertumpu pada prinsip 4c, yaitu: Concept, yang berarti jelas konsepnya, komprehensif, dan inovatif. Competent, sesuai dengan kemampuannya, baik dari segi SDM maupun anggaran belanjanya. Connection, yakni hubungan antara satu unit organisasi yang satu dengan yang lain harus saling terkait. Serta Comitment, artinya pelaksanaan tugas harus dilaksanakan secara konsisten dan serius.
Bila prinsip 4c itu bisa dijalankan oleh para pejabat di lingkungan Pemko Batam, maka birokrasi kabinet Dahlan-Ria bisa berjalan efektif dan pada gilirannya bisa meningkatkan kesejahteraan bagi warga kota ini.
Secara spesifik, Batam ada daerah industri dan berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura. Sebagai daerah industri, banyak warga negara asing (WNA), baik pekerja maupun investor, bolak-balik ke kota ini. Nah, para pejabat itu sangat diharapkan bisa menjaga nama baik bangsa di mata WNA. Jangan sampai WNA yang berdiam maupun yang bolak-balik ke kota ini diperlakukan buruk sehingga semakin merusak citra bangsa yang belakangan semakin terpuruk.
Apalagi Batam kini menyandang status kawasan perdagangan bebas (free trade zone). Status ini menuntut kreativitas para pemimpin untuk bersama-sama mendukung peningkatan investasi asing maupun domestik. Masyarakat dan investor sangat mendambakan pelayanan yang mudah dan ringkas sehingga merasa nyaman ketika berurusan dengan para birokrat. Mudah-mudahan harapan ini bisa dipenuhi para pejabat yang baru dilantik.
Lagipula visi pembangunan Kota Batam adalah terwujudnya Batam menuju bandar dunia yang madani dan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional. Visi itu hanya bisa tercapai apabila setiap pemangku kepentingan cerdas memandang jauh ke depan serta menerjemahkan dalam tindakan sistematis dan terencana untuk mewujudkannya.
Satu hal lagi yang sangat penting, yakni laporan kekayaan para pejabat itu. Mereka harus segera menyerahkan laporan kekayaannya kepada lembaga audit untuk dicatat. Karena lazim kita dengar dan baca bahwa ada pejabat publik yang kekayaannya melonjak berkali lipat dibanding sebelum menjadi pejabat publik. Ini sangat penting untuk menjamin pemerintahan yang bersih.
Selamat untuk mereka yang dipercaya memikul tanggung jawab sebagai pejabat publik. Sangat besar harapan masyarakat di pundak Anda sekalian. Jadikanlah itu sebagai tanggungjawab moral yang harus dijalankan dengan jujur dan bersih demi kemakmuran bersama.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: