Tampilnya Sosok Militer pada Jabatan Sipil

PEMERINTAH pusat melantik Tanribali Lamo sebagai pejabat sementara (carateker) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk mengisi kekosongan jabatan di provinsi tersebut, setelah masa jabatan HM Amin Syam-Syahrul Yasin Limpo habis pada Sabtu (19/1). Ada yang menarik dari pelantikan Tanribali tersebut mengingat ia bukan pejabat di lingkungan Departemen Dalam Negeri.
Perwira tinggi TNI bintang dua itu sebelumnya menjabat di lingkungan TNI AD. Rupanya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lebih suka memilih sosok yang berlatarbelakang militer dan merupakan putra daerah kelahiran Sulsel.
Adalah Menteri Dalam Negeri (Menteri) Mardiyanto yang mengungkapkan bahwa ia telah menyodorkan para pejabat di lingkungan Departemen Dalam Negeri sebagai calon pejabat sementara Gubernur Sulsel. Tentu saja pejabat itu verlatarbelakang sipil. Namun nama-nama itu ditolah oleh Istana.
Begitu pula calon pejabat yang berlatarbelakang militer tetapi bukan berasala dari Sulsel juga ditolah SBY. Mardiyanto mengakui, fenomena tersebut sangat langka, apalagi di masa reformasi yang mengedepankan supremasi sipil.
Sosok berlatarbelakang militer dipandang lebih mampu menciptakan situasi kondusif di Sulsel yang dalam beberapa bulan belakangan ini begitu memanas terkait konflik hasil pemilihan kepala daerah (pilkada). Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat menyatakan pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang) sebagai pemenang pilkada mengalahkan Amin Syam- Mansyur Ramli (Asmara), namun Mahkamah Agung memerintahkan dilakukan pilkada ulang di empat kabupaten.
Sengketa pilkada itu benar-benar menguras energi seluruh komponen masyarakat di Sulsel. Pendukung kedua belah pihak hampir tiap hari menggelar demo. Para pegawai negeri (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulsel, termasuk sejumlah pejabat, ikut menggelar demo sehingga mengganggu pelayanan publik.
DPRD tidak dapat menyelesaikan peraturan daerah mengenai anggaran dan pendapat belanja daerah (APBD) 2008 karena kantronya terus menerus didatangi massa. Pemerintahan Gubernur Amin Syam-Syahrul Yasin Limpo benar-benar tidak berfungsi meski masa jabatan mereka baru usai pada 19 Januari lalu.
Apalagi dua pejabat, Amin Syam dan Syahrul, yang seharusnya kompak itu justru bersaing dalam pilkada kemudian terlibat sengketa sengit. Tugas Tanribali, putra mantan Gubernur Sulsel Achmad Lamo, untuk menggerakan roda pemerintah seperti sedia kala, terutama mengajak para PNS tidak ikut terlibat dalam aksi dukung mendukung.
Bukan sebuah tugas ringan. Tanribali harus benar-benar dalam posisi netral dan mampu mengendalikan suasana –melalui koordinasi dengan instansi terkait– bukan justru condong kepada satu pihak. Untuk tugas ini, sosok yang berlatarbelakang militer dan putra daerah setempat memang terasa lebih cocok.
Namun, dalam pejalanan ke depan para pejabat sipil harus diberi kesempatan dan kepercayaan untuk membuktikan kemampuannya. Harus diingat, para pejabat negara mulai dari presiden hingga bupati/wali kota melaksanakan fungsi pemerintahan sipil, bukan memimpin komando militer.
Kalau terus menerus tidak diberi kesempatan dan kepercayaan, peara pejabat dari kalangan sipil tentu tidak punya pengalaman untuk meningkatkan kualitasnya dalam mengatasi persoalan. Tentu saja termasuk pengalaman menggalang koordinasi dengan kalangan aparat keamanan.
Langkah kuda dengan memberi dua surat keputusan presiden (Keppres) kepada Tanribali, yaitu sebagai pejabat Depdagri dan Carateker Gubernur Sulsel bukan tanpa risiko administratif dan politis. Setelah ada Gubernur Sulsel definitif tentu Tanribali harus kembali ke posisi semula, itu artinya memegang jabatan struktural di Departemen dalam Negeri.
Memang tidak masalah seorang mantan perwira tinggi TNI menempati jabatan strukturan di lembaga sipil. Namun kalau tidak dipersiapkan lebih dulu dan tenaganya sebenarnya tidak begitu diperlukan, hanya akan membawa akibat kontraproduktif. (***)

One Response to “Tampilnya Sosok Militer pada Jabatan Sipil”

  1. Dorthy Says:

    You post interesting content here. Your page deserves much more visitors.
    It can go viral if you give it initial boost, i know useful tool that can help you, simply
    search in google: svetsern traffic tips


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: